Oleh : Hadhratusy Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari
Rasulullah ﷺ adalah manusia yang paling baik, terutama di bulan Ramadhan. Beliau ﷺ adalah manusia yang paling bagus tubuhnya dan akhlaknya, paling lunak telapak tangannya, paling harum baunya, paling sempurna akalnya, paling bagus pergaulannya, paling mengetahui Allah dengan ma’rifatnya, dan paling takut kepada Allah.
Beliau ﷺ tidak marah karena dirinya dan tidak benci karena dirinya, akan tetapi kemarahan beliau ﷺ jika larangan-larangan Allah Ta’ala dilanggar, maka ketika itu beliau ﷺ marah, dan tidak ada sesuatu yang bisa mereda marah beliau ﷺ sehingga beliau ﷺ memenangkan kebenaran, jika marah beliau ﷺ berpaling.
Akhlak beliau ﷺ adalah Al-Qur'an. Beliau ﷺ adalah orang yang paling tawadhu’ (rendah hati), memenuhi kebutuhan keluarganya, dan merendahkan diri di hadapan orang-orang lemah, bila dimintai sesuatu tidak pernah mengatakan “tidak”. Beliau ﷺ adalah manusia yang paling murah hati, manusia yang paling pemalu, dalam kebenaran tidak membedakan antara yang jauh dengan yang dekat, antara yang kuat dengan yang lemah.
Beliau ﷺ mengelilingi para istrinya dalam waktu semalam, dan membagi di antara mereka di tempat bermalam, pulang, dan belanja. Adapun dalam masalah cinta, beliau ﷺ bersabda,
اللَّهُمَّ هَذَا قَسْمِى فِيمَا أَمْلِكُ فَلاَ تَلُمْنِى فِيمَا لاَ أَمْلِكُ
"Ya Allah, ini pembagian yang saya miliki, maka janganlah Engkau mencelaku pada apa yang tidak saya miliki”.[1]
Beliau ﷺ adalah suami yang sangat bagus pergaulan dan akhlaknya terhadap istri-istri beliau. Rasulullah pernah memasukkan putri-putri sahabat Anshar ke rumah Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha agar bermain bersamanya. Jika Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha menginginkan sesuatu, beliau ﷺ tidak melarangnya dan menuruti keinginannya. Jika Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha meminum dari suatu tempat, beliau ﷺ mengambilnya, lalu meletakkannya di mulut Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anhu lalu meminumnya. Beliau ﷺ bersandar di pangkuan Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha dan membaca Al-Qur’an, sedangkan kepala beliau ﷺ di pangkuannya, dan mungkin Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha dalam keadaan haid.
Jika hendak bepergian, beliau ﷺ mengundi para istrinya, maka siapa yang keluar bagiannya, maka beliau ﷺ keluar bersamanya. Beliau ﷺ bersabda,
خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لأَهْلِى
“Sebaik-baik kalian adalah yang lebih baik sikapnya terhadap keluarganya, dan saya adalah orang yang lebih baik dari kalian terhadap keluargaku”.[2]
Saat shalat Ashar, beliau ﷺ berkeliling ke rumah para istrinya, lalu mendekati mereka dan meneliti keadaan mereka. Jika telah datang waktu malam, beliau ﷺ kembali ke rumah istri yang mendapatkan gilirannya, lalu bermalam di tempatnya. Ketika bepergian dan datang di waktu malam, tidak mau mengetuk rumah istrinya di waktu malam, dan beliau ﷺ melarang hal itu.
Beliau ﷺ tidak pernah mencela makanan sama sekali, jika menyukainya, beliau lalu memakannya, jika tidak menyukainya beliau ﷺ meninggalkannya. Beliau ﷺ tidak pernah menolak yang ada dan tidak pernah membebani yang tidak ada. Tidak ada makanan halal dan baik yang disuguhkan, melainkan beliau ﷺ memakannya. Beliau ﷺ memakan makanan yang mudah, dan bersabda,
أنَا وَصُلَحَاءُ أُمَّتِي بُرَآءُ منَ التَّكَلُّف
“Saya dan umatku yang baik tidak mau memberat-beratkan diri (takalluf)”.[3]
Beliau ﷺ tidak mau makan dengan duduk bersandar. Nabi Muhammad ﷺ membaca bismillah pada awal makanannya dan membaca alhamdulillah pada akhirnya. Rasulullah suka manisan dan madu, dan sangat tertarik dengan makanan sejenis labu, dan beliau bersabda,
نِعْمَ الإِدَامُ الخَلُّ مَا أَقْفَرَ بَيْتٌ فِيهِ خَل
“Bumbu/lauk yang paling nikmat adalah cuka, dan tidaklah pernah sepi rumah yang di dalamnya ada cuka”.[4]
Beliau ﷺ makan dengan tiga jari dan mencucupi ketiga jari tersebut, lalu minum dengan duduk, ketika minum bernafas tiga kali di luar tempat minum. Beliau ﷺ bersabda, “Sesungguhnya hal itu lebih segar, lebih nikmat, dan lebih menyembuhkan”.
Imam Tirmidzi meriwayatkan, bahwa Nabi ﷺ bersabda,
لَا تَشْرَبُوا نَفَسًا وَاحِدًا كَشُرْبِ الْبَعِيرِ وَلَكِنْ اشْرَبُوا مَثْنَى وَثُلَاثَ وَسَمّوا إذَا أَنْتُمْ شَرِبْتُمْ وَاحْمَدُوا إذَا أَنْتُمْ فَرَغْتُم
“Janganlah kamu sekalian minum dengan satu nafas seperti minumnya onta, akan tetapi minumlah dua kali dan tiga kali, dan bacalah bismilah jika memulai minum dan bacalah alhamdulillah jika kamu telah selesai”.[5]
Ketika minum, beliau ﷺ memberikan pada orang yang berada di sebelah kanannya, meskipun orang yang berada di sebelah kirinya itu lebih tua.
Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anha berkata,
Rasulullah ﷺ keluar dari dunia dan perut beliau belum pernah kenyang dengan roti gandum, dan pernah selama satu bulan atau dua bulan di salah satu rumah beliau ﷺ tidak menyala api dapurnya. Beliau ﷺ mau memakan hadiah dan tidak mau memakan sedekah, dan membalas hadiah itu. Beliau ﷺ pernah menyengkal perutnya dengan batu karena lapar, dan pernah bermalam bersama keluarganya selama beberapa malam dengan keadaan lapar.
Rasulullah ﷺ tidak mau memperbanyak harta dunia semuanya, padahal Allah Ta’ala pernah menawarkan kunci gudang-gudang bumi semuanya, namun beliau ﷺ tidak mau menerimanya, dan memilih akhirat.
Beliau ﷺ pernah mengelem sandalnya dengan tangan beliau yang mulia, dan menambal pakaiannya dan timbanya. Beliau juga memerah kambingnya, mencuci pakaiannya, melayani keluarganya dan dirinya sendiri, serta mengangkat batu bata bersama para sahabat untuk membangun masjid. Rasulullah juga menjenguk orang sakit, dan menjaganya dari hal-hal yang menyakitinya, menghadiri jenazah (takziah), dan berjalan bersama para janda, orang-orang miskin, dan orang-orang lemah, serta menghadiri undangan orang kaya atau miskin, orang bawahan atau orang terhormat, dan tidak pernah meremehkan siapapun.
Jika berjalan bersama para sahabat, beliau ﷺ berjalan di belakang dan para sahabat beliau ﷺ berjalan di depan. Beliau ﷺ bersabda, “Biarkan di belakangku untuk para malaikat”. Oleh karena itu dikatakan dalam hadits, bahwa beliau ﷺ menghalau para sahabatnya, berjalan dengan tidak memakai sandal dan terkadang memakai sandal, dan berjalan bersama para sahabat dengan sendiri-sendiri dan berkelompok.
Kadang-kadang beliau ﷺ duduk dengan lutut, duduk dengan bersila, duduk dengan bersandar, dan sering kali duduk memeluk lutut dengan kedua tangannya, dan duduk di atas tanah, di atas tikar, dan di atas permadani. Ketika Adiy bin Hatim datang, beliau ﷺ mengajaknya ke rumah, maka seorang budak wanita memberikan bantal kepada beliau ﷺ agar duduk di atasnya, namun beliau ﷺ meletakkan bantal tersebut antara diri beliau dan Adiy, kemudian beliau duduk di atas lantai. Adiy berkata, ”Maka saya tahu, bahwa beliau ﷺ adalah bukan raja”.
Beliau ﷺ adalah orang yang paling fasih dan paling indah pembicaraannya dengan berbicara yang singkat dan padat, mengulangi pembicaraannya tiga kali untuk memahamkan. Ucapan beliau ﷺ jelas dan bisa dipahami setiap orang yang mendengarnya, tidak berbicara yang tidak ada perlunya, tidak bebicara kecuali pembicaraan yang bisa diharapkan pahalanya, tidaklah duduk atau berdiri kecuali berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla. Beliau ﷺ berkhutbah di atas tanah, di atas mimbar, dan di atas onta. Saat berkhutbah memerah kedua matanya, tinggi suaranya, keras emosinya, seperti pemberi peringatan pada pasukan. Beliau ﷺ berkhutbah,
“Amma ba’du, maka sesungguhnya sebaik-baik pembicaraan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad ﷺ , sejelek-jelek perkara adalah hal-hal baru yang tidak dibenarkan oleh Al-Qur'an dan Hadits, setiap bid’ah itu sesat”.
Tidaklah beliau ﷺ berkhutbah melainkan membukanya dengan memuji Allah. Beliau ﷺ berkhutbah dengan berdiri, jika menaiki mimbar, menghadapkan wajahnya kepada hadirin, kemudian mengucapkan, “Assalamu 'alaikum”. Kebanyakan khutbah beliau ﷺ berbicara dengan Al-Qur'an, terkadang berkhutbah dengan bersandar pada tongkat, terkadang bersandar pada busur panah, terkadang singkat khutbahnya, terkadang panjang sesuai dengan kebutuhan dan kemaslahatan masyarakat
Khutbah beliau berkisar tentang pujian kepada Allah, mensyukuri nikmat-nikmat-Nya dan menerangkan sifat-sifat kesempurnaan Allah, mengajarkan sendi-sendi (kaidah-kaidah) Islam, menerangkan surga dan neraka serta tempat kembali (akhirat), memerintahkan bertaqwa kepada Allah, menerangkan hal-hal yang membuat Allah murka dan hal-hal yang diridhai Allah.
Beliau ﷺ berkendaraan onta, kuda, dan bagal, (dan yang sering beliau ﷺ naiki adalah onta dan kuda, karena bagal tidak popular di bumi Arab. Kadang-kadang mengendarai kuda dengan memakai pelana atau tanpa pelana, terkadang memberi semangat kudanya untuk berlari kencang, terkadang membonceng istrinya atau sahabatnya di belakangnya di atas kendaraan onta dan keledai. Beliau sering mengendarai sendirian dan tidak membiarkan seseorang berjalan di belakangnya.
Jika tidur dan beristirahat, beliau ﷺ tidur dengan miring di atas pinggang beliau yang kanan dengan menghadap kiblat. Kadang-kadang tidur di atas kasur, dan kadang-kadang tidur di atas tikar, kadang-kadang tidur di atas tempat tidur dan kadang-kadang tidur di atas lantai. Kasur beliau ﷺ terbuat dari kulit isi sabut. Ketika beranjak ke tempat tidurnya untuk tidur, beliau ﷺ berdo'a,
بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوتُ
“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah saya hidup dan saya mati”.[6]
Beliau ﷺ tidur di atas sisi pinggang sebelah kanan dan meletakkan tangan kanannya di pipi kanannya, kemudian berdo'a,
اللَّهُمَّ قِنِى عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَك
“Ya Allah, lindungilah saya dari siksa-Mu di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu”.[7]
Jika bangun dari tidurnya, beliau ﷺ berdo'a,
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُور
“Segala puji bagi Allah, yang telah menghidupkan saya kembali setelah mematikan saya, dan hanya kepadanya tempat kembali”[8]. Kemudian beliau ﷺ bersiwak.
Beliau ﷺ tidur di awal malam dan bangun di akhir malam, kadang-kadang tidak tidur di awal malam untuk kepentingan umat Islam. Jika tidur, terpejam kedua matanya dan tidak tidur hatinya, jika sedang tidur tidak ada yang berani membangunkan sampai beliau ﷺ sendiri yang bangun.
Beliau ﷺ banyak berdzikir dan selalu berfikir, jika tidak menyukai sesuatu bisa diketahui dari raut wajah beliau, sering kali tertawa hanya berupa senyuman, dan kadang-kadang tertawa sampai tampak gigi geraham beliau. Bila menangis tidak bersuara keras sebagaimana jika tertawa tidak terbahak-bahak, akan tetapi mengalir air mata dari kedua mata beliau. Jika menangis terkadang karena kasihan kepada mayit, dan terkadang karena khawatir dan kasihan kepada umat beliau, kadang-kadang karena takut kepada Allah, kadang-kadang di saat mendengar Al-Qur'an al-Karim, yaitu tangisan karena rindu, takut, atau rasa mengagungkan.
Ketika putra beliau ﷺ yang bernama Ibrahim radhiyallahu 'anhu wafat, kedua mata beliau mengalirkan air mata dan menangis karena sayang padanya, dan bersabda, “Telah mengalir air mata dan hati bersedih, dan saya tidak mengucapkan apa-apa kecuali yang diridhai Tuhan saya, sungguh karena kepergianmu, wahai Ibrahim, kami semua berduka”.
Beliau ﷺ bergurau dan tidak mengatakan di dalam guraunya kecuali yang benar. Beliau kadang bermain teka-teki dan tidak berkata dalam teka-tekinya kecuali yang benar, dan bersedia menerima alasan orang yang udzur. Jika menegur hanya berupa sindiran, memerintahkan bersikap halus (kasih sayang) dan menganjurkannya, melarang bersikap kasar, menganjurkan untuk memaafkan dan berakhlak mulia.
Beliau juga suka berharum-harum dan tidak suka bau yang tidak enak, suka mendahulukan yang sebelah kanan di dalam bersuci, bersisir, dan memakai sandal, mau menerima dan memberi) dan di dalam segala urusannya, tangan kanan beliau untuk makanan, minuman, dan bersuci, dan tangan kiri beliau untuk toilet dan kotoran-kootoran yang lain.
Majlis beliau ﷺ adalah merupakan majlis ilmu. Dalam diri beliau ada kemurahan hati, rasa malu, amanah, sabar, dan ketenteraman, tidak ada suara yang dikeraskan, tidak membicarakan wanita. Orang-orang yang hadir di majlis itu saling mewasiatkan dengan ketakwaan, saling kasih sayang, mewibawakan yang tua, menyayangi yang muda, mengutamakan yang membutuhkan, menjaga orang yang asing, mengeluarkan dalil-dalil yang menunjukkan kebaikan. Para sahabatnya saling menyayang, saling menanyakan keadaan mereka, menghormati setiap orang yang dihormati kaumnya, dan menyerahkan urusan kaumnya kepada orang yang dihormati kaumnya.
Beliau ﷺ adalah orang yang paling baik muamalahnya, jika berhutang membayarnya dengan yang lebih baik dari yang dihutang, jika meminjam dari seseorang, membayarnya padanya dan mendoakannya, dengan do'anya,
بَارَكَ اللَّه فِي أَهْلِك وَمَالِك
“Semoga Allah memberkahi keluargamu dan hartamu”.[9]
Sesungguhnya balasan pinjam (hutang) adalah memuji dan membayarnya. Beliau ﷺ melakukan transaksi jual beli, bersekutu (syirkah), mewakilkan (wakalah) dan menerima perwakilan, memberi hadiah dan menerima hadiah, memberi dan menerima pemberian, menyewakan dan menyewa, meminjamkan dan meminjam, menghutangi dan berhutang, menggadaikan dan menerima gadai, menolong dan meminta tolong, memberikan jaminan, memberi nafkah, mewakafkan hartanya dan bersedekah. Semuanya dilakukan dengan cara yang paling bagus.
Beliau ﷺ bukanlah orang yang porno dan juga bukan orang yang suka berkata kotor. Beliau mendengarkan syair-syair dan memberi upah kepada yang benar, tidak membalas kejelekan dengan kejelekan, bahkan mengampuni dan memaafkannya, tidak pernah memukul pembantu, tidak pernah memukul wanita, dan tidak pernah memukul apapun kecuali berjihad di jalan Allah. Juga tidak disuruh memilih di antara dua pilihan kecuali memilih yang paling mudah (paling ringan) selama tidak mengandung dosa.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata,
مَا مَسِسْتُ دِيبَاجًا وَلاَ حَرِيرًا أَلْيَنَ مِنْ كَفِّ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
“Saya belum pernah menyentuh kain sutera yang lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah ﷺ.,” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim). Dalam riwayat yang sama “Saya telah melayani Rasulullah ﷺ selama sepuluh tahun, beliau ﷺ sama sekali belum pernah mengatakan “Uf/cih”. Dan jika saya melakukan sesuatu, beliau ﷺ belum pernah mengatakan “Mengapa kamu lakukan itu?”. Dan jika saya belum melakukan sesuatu, beliau ﷺ tidak pernah mengatakan “Hendaklah kamu lakukan begini”.[10]
Sungguh Allah Ta’ala telah mengumpulkan kesempurnaan akhlak dan keindahan karakter pada diri Rasul-Nya yang mulia ﷺ, memberikan ilmu orang-orang terdahulu dan orang-orang terakhir kepada beliau ﷺ, dan memberikan apa saja yang membawa keselamatan dan keberuntungan. Beliau ﷺ adalah buta huruf (ummi), tidak bisa membaca buku dan tidak punya guru dari manusia, diberikan kepada beliau ﷺ apa saja yang belum diberikan kepada siapapun di alam semesta ini. Allah telah memilih beliau ﷺ dari orang-orang terdahulu dan terakhir. Rahmat dan salam Allah senantiasa dan selalu teruntuk beliau sampai hari kiamat. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
_____________________
*Diterjemahkan oleh Ustadz Zainur Ridlo, M.Pd.I. dari kitab Nur al-Mubin fi Mahabbati Sayyidi al-Mursalin karya Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari.
[1] HR. Imam Abu Dawud dan Imam Hakim.
[2] HR. Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah.
[3] Mirqatu al-Mafatih, Syarah Misykat al-Mashabih, jilid 6, hal. 409. Tajul Arus, jilid 1, halaman 6104.
[4] HR. Imam Muslim dan Imam Ahmad.
[5] HR. Imam Tirmidzi. Lihat “Mausu’ah Ad-Difa’ ‘An Rasulillah ﷺ .”, jilid 3, hal. 388.
[6] HR. Imam Bukhari.
[7] HR. Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, dan Imam Ahmad.
[8] HR. Imam Bukhari.
[9] Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar, jilid 14, hal. 448.
[10] HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim.Sumber: http://facebook.com/TebuirengOnline/